Tempatku Berbagi Dan Dibagi

Senin, 06 Agustus 2012

Cara Membuat Mocktail (Minuman Squash) , Macam Macam Minuman

Cara Membuat Mocktail kali ini ngebahas untuk pembuatan minuman squash.
Oke Lansung saja Dikupas.
Kembali Lagi Jumpa Sama Cempluk ( my blog ) . Untuk Topik Kali Ini yang mau aku save and share disini tentang minuman Squash.


Ada banyak variasi dari minuman Squash. misal yang sudah tidak asing dan banyak banget orang sudah tahu dan sudah bisa membuatnya :
* Orange Squash
* Lemon Squash
* Lechee Squash
* Strawberry Squash
dan hampir semua buah bisa di buat Squash. lah.. Squash itu apa sih.. Sedikit penjabaran dulu tentang Squash. Setiap Minuman yang ada namanya Squash bisa dipastikan ada komposisi soda water atau minuman bersoda di dalamnya. kalo orange squash berarti orange soda , orangenya bisa pake sirup atau fresh jouice. paling enak pake apa .. ? paling enak pasti pake yang fresh..

Kalo minuman seperti Orange squash , lemon squash , dan teman temannya bahan yang dibutuhin yaitu :
* fresh jouice ( buah tergantung selera , yang enak yang buah yang kalo di jus encer misal jeruk, strawberry, lemon , orange , dan teman temannya. )
* Sirup ( cari yang rasanya sama, kalo beda gimana, ga papa tapi nanti rasanya lain. )
* Simple sirup ( gula cair )
* es batu ( kalo ga ada ,,? ya ga papa kalo mau .. hehehe )
* stirer ( apaan tuh .. adukan mas 'one'to. .. oo.... sorry cempluk ( my blog ) rada lupa..hixshixs)
* gelas ( pake disebut ,, ? lah emangnya pake tangan tempatnya ) ooo... iya. payah loe 'one'to...
sorry cempluk ( my blog ) bercanda. gitu aja marah.. hehe.. gantian mbales ya.. PISS..

Oke selanjutnya siapkan gelas , masukkan es batu ( kalo ada esnya yang kkotak2 kecil ) , lalu tuang fresh jouice sekitar 60 ml atau 2 oz ( untuk ukuran gelas 270 ml ) . setelah itu tuang sirup diatasnya kira2 1/2 oz ( 15 ml ) kalo kurang bisa ditambahin , kenapa sih loe pake sirup, , kalo enggak emang ga bisa. bisa dan silahkan saja. aku pake sirup biar rasa jouicenya lebih tajam. makannya aku pakenya juga cuman dikit. selanjutnya tuang soda diatasnya ( nuangnya pelan2 ya pake perasaan biar jadinya kaya di layer ). siapin gula cair dipisah aja biar kalo yang suka manis ambil sendiri. terutama kalo buat lemon squash pasti butuh gula cair..kalo yang lagi diet
ga usah pake. asem dong biarin aja biar merem melek.. hohoho....

Tereng ... jreng .. kira kira hasilnya kaya gini.

Gitu aja buatnya . iya gitu aja..

Tapi yang Mau aku kasih detailnya minuman yang aku racik sendiri dulu waktu masih jadi bartender. Yuk Lanjutin Bacanya. Aku Lanjutin Nulisnya.
Nah kali ini aku mau ngesave and ngeshare Satu minuman yang aku variasiin dari minuman Squash, Namannya Yellow Elixir. Kalo yang pernah denger atau yang pernah minum kasih koment dong enak ga sih... oke lanjut langsung meluncur ke yellow elixir......

1. Bahan - bahannya :

# Buah Oren , biasanya juga disebut jeruk sunkist
# Buah Mangga , sebisa mungkin mangganya yang manis ( manalagi / aromanis )
# jouice Orange ( kalo ada yang botolan )
# Soda Water ( jangan soda kue ya .... hehehe )
# Simple sirup ( gula cair )
# Daun pandan , cerry , lemon fruit ( buat garnis )
# Es batu ( kalo ada yang kotak2 kecil )
2. Peralatannya

# Shaker
# Jigger ( gelas ukur )
# gelas ( kalo ada yang bentuknya unik ya , tapi yang bening )
# pisau
# kayu silinder ( digunakan untuk menumbuk ) bahasa barnya apa sih.. aku lupa..

3. Cara Buatnya

# Ambil buah oren ( sunkist ) potong dadu kira - kira 1 x 1 x 1 cm. ( boleh juga ukuranya acak ) kalo lukisan biar kaya abstrak aja,, abstrak apa hubungannya .... hahahaha.. biar ga ngantuk ngetiknya.
# Ambil buah mangga , kupas lalu potong juga dadu ukuranya acak aja.
# masukan sunkist + mangga yang sudah dipotong tadi chunk pake kayu silinder atau apa aja yang penting bisa untuk menumbuk. jangan ditumbuk sampai halus ya,,, ditumbuknya cuma buat ngeluarin air jeruk biar nyampur sama buah mangganya.
# kalo sudah masukin simple sirup sekitar 1 oz ( utuk pembuatan simple sirup perbandingan 5 kg gula pasir + 3 liter air )
# masukkan jouce oren 2 oz ( 60 ml ) untuk gelas 300 ml
# Shaker semua bahan tadi ( ga usah lama - lama cuma buat nyampurin bahan ), lau
# Yang terakhir masukkan es batu.
tererereng..... selesai...
selamat mencoba... dan semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar